JIGOKU SENSEI NUBE

Gambar : mangafox.com
Nube: Guru Ahli Roh, dengan judul asli Jigoku Sensei Nube (地獄先生ぬ~べ~, Jigoku Sensei Nūbē?), adalah serial manga yang diciptakan atas kerjasama dari seorang penulis bernama Shou Makura dan seniman bernama Takeshi Okano dalam majalah komik Weekly Shonen Jump terbitan Shueisha. Serial ini terdiri dari 276 bab (tidak termasuk bab tambahan dimana tokoh "Nube" dikenal sebagai "Nubo") dari edisi 38, 1993 sampai edisi 24, 1999. Serial anime Nube dengan 48 episode yang berdasarkan manga dengan judul yang sama diciptakan oleh Toei Animation, dan disiarkan dari tahun 1996 sampai 1997, ditayangkan oleh Animax dan TV Asahi. Anime tersebut menghasilkan tiga film dan tiga episode OAV. Di Indonesia, manga tersebut diterbitkan oleh m&c, dan serial animenya ditayangkan oleh TV7 (sebelum menjadi Trans7).
Umumnya cerita dalam manga ini mengambil latar di kota Dōmori. Tokoh utama dalam cerita tersebut adalah Meisuke Nueno (鵺野鳴介, Nueno Meisuke?), dengan nama panggilan Nūbē (ぬ~べ~?), wali kelas 5-3 di SD Dōmori (童守小学校, Dōmori Shōgakkō?). Selain sebagai seorang guru, Nube juga merupakan seorang ahli roh, dan sering melindungi kota Dōmori dari gangguan roh jahat dengan meminjam kekuatan setan yang terkurung dalam tangan kirinya – tangan yang ia sebut "Tangan Setan" (鬼の手, Oni no Te?) – karena tangan tersebut berbeda dengan tangan manusia biasa.

SINOPSIS
Alkisah, di kota kecil Domori, muncullah seorang guru baru yang aneh. Namanya Nueno Meisuke, biasa dipanggil sebagai Pak Nube, sosoknya misterius dengan tangan kiri berbalut sarung tangan hitam. Ternyata dia punya kekuatan roh luar biasa, dan dengan Tangan Setan (tangan yang selama ini ia tutupi dengan sarung tangan), ia melindungi para muridnya dari jangkauan setan-setan dan roh gentayangan!
Jigoku Sensei Nube memang bercerita tentang setan-setan seram, hal-hal paranormal dan mahluk jejadian, tapi semuanya diramu dengan cara yang sangat kocak. Nube sendiri bukanlah seorang jagoan yang nggak ada matinya, melainkan cuma sekedar seorang guru bokek (selalu makan mi cup), saking miskinnya tetap selamat meski makan makanan yang sudah 3 tahun kadaluwarsa (sedangkan yang lain sudah bertumbangan), tetap sendirian tanpa pacar di usia ke 25, dan ditolak oleh semua cewek karena... ya itu, terlalu bokek dan cuma bisa ngomong soal setan. Satu-satunya cewek yang bisa memahami pesonanya cuma Yukime, sesosok mahluk jejadian yang tinggal di gunung salju.
Yang jadi hiburan bagi Nube adalah murid-muridnya, anak kelas 5 SD Domori yang badung-badung, ada Hiroshi, Kyoko, Miki, Makoto, dan lain-lain. Juga cintanya yang tak kunjung terbalas pada bu guru Ritsuko, gadis berbadan cihui yang justru paling takut sama setan. Masih banyak lagi tokoh yang bermunculan di komik 30 jilid karya Shou Makura dan Takeshi Okano ini, tidak cuma manusianya tapi juga setan-setannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar